no2umno

Sumpah Pocong

In Ilmu on July 7, 2008 at 10:45 pm

Radenjowo
Bila sebut tentang sumpah sumpah ni, gua ada seronok nak cerita tentang sumpah yang terdapat di Indonesia. Mulanya agak pelik, tapi ada beberapa tempat di Indonesia yang mengamalkan sistem sumpah yang pelik. Antara yang menarik adalah ‘sumpah Pocong’. wahhhhh … ngeri dan bukan main main. Gua saksikan di dalam sinetron TV dulu, tapi mungkin ada yang belum bisa nonton, maka gua cerita kan sikit.

Sumpah pocong adalah sumpah yang dilakukan oleh seseorang dalam keadaan terbalut kain kafan seperti layaknya orang yang telah meninggal (pocong). Sumpah ini tak jarang dipraktekkan dengan tata cara yang berbeda, misalnya pelaku sumpah tidak dipocongi tapi hanya dikerudungi kain kafan dengan posisi duduk.

Sumpah pocong biasanya dilakukan oleh pemeluk agama Islam dan dilengkapi dengan saksi dan dilakukan di rumah ibadah (mesjid). Di dalam hukum Islam sebenarnya tidak ada sumpah dengan mengenakan kain kafan seperti ini. Sumpah ini merupakan tradisi lokal yang masih kental menerapkan norma-norma adat. Sumpah ini dilakukan untuk membuktikan suatu tuduhan atau kasus yang sedikit atau bahkan tidak memiliki bukti sama sekali. Konsekuensinya, apabila keterangan atau janjinya tidak benar, yang bersumpah diyakini mendapat hukuman atau laknat dari Tuhan. – Wikipedia

Ini bukan benda pelik kat sana, antara cerita dari blog yang gua cilok berkaitan dengan kaedah bersumpah kat sana,


Seperti apa sumpahnya, Bul juga nggak tau, apakah sumpah pocong, sumpah serapah, atau malahan sumpah palsu, tapi seperti itulah kejadiannya. Semoga seluruh korban lumpur di Sidoarjo Jawa Timur, benar-benar mendapatkan ganti rugi dari Lapindo.

Terlihat pada gambar di atas:
BERSUMPAH: Direktur Operasional PT Minarak Lapindo Jaya Bambang Prasetyo Widodo (kiri), didampingi budayawan Emha Ainun Nadjib, mengucapkan sumpah akan membayar ganti rugi pada seluruh korban lumpur panas Lapindo Brantas di hadapan ratusan warga korban lumpur dan Majelis Hakim Pengadilan Agama Sidoarjo, di Pendopo Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu (25/7). – Stoprokok

dan ini adalah sumpah POCONG yang di maksudkan,

Situbondo, Untuk membuktikan kebenaran atas tuduhan warga bahwa seseorang memiliki Ilmu Sihir (Santet, red), jalan terakhir yang bisa dilakukan sesuai tradisi yang ada di Kabupaten Situbondo dengan melakukan Sumpah Mimbar atau yang lebih ngetren dinamakan Sumpah Pocong. Sebab dengan melakukan sumpah itu, tudingan dan amarah warga akan reda setelah dilakukan sumpah pocong itu.

Man Zaini (55) warga Dusun Pesisir Utara Desa Kilensari Kec Panarukan berinisiatif untuk melakukan sumpah pocong, jum’at siang kemarin usai shalat jumat di Mushallah Nurul Fatah karena dirinya selalu dituduh warga setempat sebagai tukang santet atau memiliki ilmu hitam yang dilaknat Allah itu. Pasalnya, Hamdi (25) warga setempat meninggal sepuluh hari lalu namun keluarganya merasa tidak puas dan curiga dengan kematian dan jenis penyakit (perut memebesar) yang dialaminya itu. – Kabarindonesia

Hah … kalau korang nak cuba boleh, tapi jangan sampai keras. Gua sumpah tolak korang terus masuk lubang. Di Tutup dan kita baca kan talqin ramai ramai. Tapi cerita atas berlaku di Indonesia. Kalau kita nak buat cam tu boleh, cuma tukarkan nama. Jangan nampak sangat meniru. Kita namakan ‘SUMPAH C4’ …. . Kalau langgar sumpah, badan boleh hancur beb…….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: